WILMAR INTERNASIONAL DAN KERUSAKAN HUTAN PAPUA

Perusahaan Agro Mandiri Semesta Plantations (AMS Plantations) atau Perusahaan Ganda Grup dimiliki oleh adik dari pendiri Wilmar International Beroperasi Di Kabupaten Merauke Papua

Dari data hasil investigasi Greenpeace Internasional, yang diinformasikan pada tanggal 26 Juni lalu, mengungkap keterlibatan Wilmar International, perusahaan minyak sawit terbesar dunia yang masih terlibat praktik perusakan hutan di Indonesia meski telah berkomitmen mengakhiri deforestasi sekitar lima tahun lalu. Hutan seluas dua kali ukuran kota Paris telah dihancurkan oleh Gama, sebuah perusahaan minyak sawit yang dijalankan oleh eksekutif senior Wilmar dan anggota keluarga mereka. Foto dan video udara yang diambil oleh Greenpeace International menunjukkan praktik deforestasi masih aktif terjadi di dua konsesi perusahaan Gama di Papua. (Baca : https://www.infosawit.com/news/8145/skandal-perusakan-hutan-terungkap--pejabat-eksekutif-perusahaan-sawit-wilmar-mundur)

Sekalipun Greenpeace menyebutkan konsesi perusahaan Gama di Papua, namun kemungkinan banyak orang belum mengetahui secara pasti dibagian mana wilayah operasinya sebab ada banyak perusahaan sawit yang beroperasi di papua.

Berdasarkan data atlas sawit papua, perusahaan sawit di papua yang memiliki hubungan dengan salah satu pendiri Wilmar Internasional adalah Perusahaan Agro Mandiri Semesta Plantations (AMS Plantations) atau yang dikenal juga Ganda Group. Perusahaan Agro Mandiri Semesta Plantations atau Perusahaan Ganda Grup dimiliki oleh adik dari pendiri Wilmar International, Martua Sitorus (Baca : Atlas Sawit Papua “Dibawah Kendali Penguasa Modal”, Pusaka, 2015).

Ada dua perusahaan miliki AMS Plantations / Ganda Group yang beroperasi di kabupaten Merauke, Propinsi papua. Kedua perusahaan miliki AMS Plantations / Ganda Group dimaksud adalah :

1). PT Agriprima Cipta Persada, berlokasi di Kabupaten Merauke, Distrik Muting diatas lahan seluas 33540 ha yang dimiliki oleh AMS Plantations / Ganda Group berdasarkan ijin lokasi sebagaiamana dalam SK Bupati Merauke 42/2010 dan mulai menanam pada tahun 2013;

2). PT Agrinusa Persada Mulia berlokasi di Kabupaten Merauke, Distrik Muting diatas lahan seluas 40000 ha yang dimiliki oleh AMS Plantations / Ganda Group berdasarkan ijin lokasi sebagaimana dalam SK Bupati Merauke 04/2010 dan telah mendapatkan ijin pelepasan hutan sesuai dengan Surat Mentri Kehutanan Nomor : S.132 /Menhut-II/2014 dan mulai menanam pada tahun 2014.

Dari luas lahan seluas 33540 ha dan 40000 ha sudah dapat dibayangkan berapa luas hutan papua di Kabupaten Marauke, Ditrik Muting, Propinsi Papua yang akan dialihfungsikan menjadi lahan kelapa sawit oleh Perusahaan Agro Mandiri Semesta Plantations (AMS Plantations) atau yang dikenal juga Ganda Group miliki adik dari pendiri Wilmar International, Martua Sitorus.

Sumber tulisan:  Wissel Van Nunubado

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »