"KUBURAN MASSAL DI LAPANGAN K.GOBAI -PANIAI

"KUBURAN MASSAL DI LAPANGAN K.GOBAI, LAYAK MENJADIKAN TUGU PERINGATAN HAM DI PANIAI" 

Paniai - kuburan massal 4 jenazah korban penembakan di lapangan Karel Gobai pada tanggal 10 desember 2015 lalu, layak menjadikan tugu peringatan Pelanggaran HAM di paniai.

Foto Korban Penembakan
Hal ini penting karena di lihat dari peristiwa itu dan selama ini yang masyarakat hidup tidak terlepas menghadapi berbagai kekerasaan baik di lakukan oleh Oknum aparat militer maupun Kelompok pemuda pengacau lingkungan masyarakat mee di paniai.

Untuk itu di harapkan kepada semua pihak terutama pemerintah daerah tidak boleh menerima tawaran-tawaran Pembongkaran Kuburan, yang datang dari pihak manapun termasuk TNI baru yang bertugas menggantikan TNI lama di kabupaten paniai.

Apapun alasannya tidak boleh terima pembongkarkan kuburan Massal yang ada di lapangan karel gobai, apalagi sekarang ini masyarakat sedang menunggu Tim penyelikan Pelanggaran HAM yang telah di bentuk dari Komnas Ham RI untuk datang mengambil data fakta tentang peristiwa besar sebagai upaya pengungkapkan pelaku dan mendorong penyelesaiannya di Pengadilan Ham.
Masyarakat paniai berkeinginan peristiwa besar itu harus selesai sampai tuntas bukan berkeinginan tentang pembongkaran kuburan atau informasi lainnya yang dapat melukai hatinya.

Kuburan yang ada di lapangan karel gobai masyarakat paniai lakukan sesuai aturan adat ada atas komitmen bersama masyarakat dan pemerintah daerah, maka jika ada pihak tertentu yang sedang upayakan untuk pembongkarannya bebarti mereka tidak mengormati terhadap aturan adat paniai, mereka berusaha untuk teus menimbulkan ketakutan diatas ketakutan bagi masyarakat paniai dan untuk tetap menjadikan ladan kejahatan di tanah paniai.

Tidak boleh di biarkan kejahatan itu terus terjadi di paniai, harus ada langkah-langkah pembatasan yang dapat di lakuna bersama seluruh masyarakat dan pemerintah daerah untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang aman dan damai di paniai dan sebagai pembatasannya kuburan massal yang ada di lapangan karel gobai menjadikan Tuguh Peringatan HAM di tanah paniai. (TP)

Sumber : Catatan Tinus Pigai

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »