5 Februari, Rakyat Papua Akan Daftar ke MSG

Jayapura, Jubi – Front Pembebasan Nasional Papua Barat (FPNPB) yang baru terbentuk di Vanuatu akan mengirimkan aplikasi mereka untuk keanggotaan penuh pada Melanesia Spearhead Group (MSG).

Kelompok ini dibentuk pada bulan Desember untuk merespon permintaan MSG agar Bangsa Papua Barat bersatu untuk mewakili berbagai faksi dalam gerakan pro-kemerdekaan.
Juru bicara Benny Wenda mengatakan kepada wartawan Radio New Zealand (Sabtu, 31/1/2015) bahwa FPNPB akan mengajukan permohonan mereka pada tanggal 5 Februari 2015.

“ Kami membawa aplikasi ini bersama-sama dalam satu semangat untuk menyerahkannya kepada Sekretariat, yang merupakan tujuan dari semua orang Papua Barat,” kata Benny Wenda.
Menurut Benny Wenda, terbentuknya FPNPB ini adalah pertama kalinya dalam sejarah bangsa Papua Barat. Karena sudah banyak kesepakatan yang ditandatangani oleh rakyat Papua Barat tapi selalu gagal. Namun saat ini, FPNPB adalah generasi baru yang datang dengan satu suara untuk membebaskan rakyat Papua Barat dari Indonesia.

Benny Wenda, yang pernah dimasukkan oleh pemerintah Indonesia dalam daftar merah Interpol ini mengatakan reaksi Indonesia atas pembentukan FPNPB tidak jauh berbeda dengan apa yang telah dilakukan selama 50 tahun belakangan ini.

“Kami tidak peduli. Apapun yang mereka (Indonesia) lakukan mereka telah melakukannya selama 50 tahun terakhir. Yang paling penting kita menjadi satu suara. Itu membuat kita benar-benar percaya diri. Meskipun mereka membunuh kami atau memenjarakan kami,” kata Wenda.
Pembentukan FPNPB ini diakui oleh Benny Wenda, untuk memenuhi instruksi para pemimpin MSG di Kaledonia Baru.

“ Saya berpikir bahwa kita telah belajar banyak dari pengalaman. Sekarang kita adalah satu. Inilah yang diminta para pemimpin Melanesia kepada kami,” kata Benny Wenda. (Victor Mambor)

sumber : Tabloidjubi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »